Minggu, 16 Desember 2018

Internet of things dalam dunia Pendidikan..

Dengan Internet ini, belajar menjadi lebih dinamis dengan cara mengintegrasikan metode tradisional dengan metode baru (IoT). Selain itu, dampak pembelajaran dengan IoT ini juga dinilai mampu menjadikan pelajaran di kelas serta diskusi antar siswa lebih hidup. Bahkan dengan IoT siswa juga akan mampu mengeksplorasi metode-metode belajar lainnya. Sebagai contoh, siswa dapat belajar dirumah dengan melihat video, terlibat dalam proyek kemudian mendiskusikan hasil belajar di luar kelas tersebut saat kembali ke sekolah.

Selain itu, teknologi modern dan IoT tidak terbatas hanya pada bagaimana siswa belajar tapi juga dapat meningkatkan keamanan IoT sendiri serta akses yang lebih luas untuk mendapatkan informasi. Selain itu juga dapat melacak sumber daya utama.

Pengaruh IoT ini juga memiliki efek lebih jauh lagi bagi para pelajar. Dalam pendidikan tinggi misalnya universitas, sebagai mahasiswa mungkin saat ini telah bosan dengan menggunakan buku, kebanyakan dari mereka lebih suka dengan teknologi seperti smartphone, tablet, laptop dan gadjet lainnya. Dengan IoT ini akses informasi yang mudah di akses dari mana pun dan kapan pun, akan membuat pelajar mampu mempelajari segala sesuatu yang baru. Bahkan akan mendorong para pelajar untuk mempelajari lebih lanjut lagi.

Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, par apengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar.
Selain itu, IoT juga mampu mengurangi biaya operasional sekolah, salah satu contoh sekolah yang sukses mengurangi biaya adalah Sekolah di New Richmonde, Tipp City, Ohio, Amerika Serikat. Dalam laporan, mereka mampu mengurangi sekitar USD128,000 setiap tahunnya dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis web-terpusat untuk mengontrol semua peralatan mekanik di sekolah.

Masih banyak hal-hal lain yang akan didapatkan dalam memanfaatkan IoT dan teknologi modern lainnya. Berikut ada sedikit video untuk mengenal IoT lebih lanjut.

9 komentar:

  1. Jika di daerah tidak ada jaringan internet bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di daerah tersebut belum ada jaringan internet..kita bisa mencoba meminta kepada pemerintah atau badan tertentu khusus untuk pemasangan jaringan internet..

      Hapus
    2. Untuk biaya pemasangan bagaimana?

      Hapus
    3. untuk biaya mgkin bisa memasukan ke anggaran dana bo s atau mencari donatur..

      Hapus
  2. Semoga bisa dipahami oleh guru-guru penjas saat sekarang ini, dikarenakan kurikulum k13 menerapkan IoT ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali pak..disekolah saya sudah memakai aplikasi nilai penjas sehingga guru" harus paham dan menguasai cara penilaiannya.

      Hapus